Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dev. Fallout New Vegas Sempat Mengajukan Garap Spinoff The Elder Scrolls

Bethesda dan Obsidian merupakan dua studio yang berbeda namun memiliki kesamaan dalam portofolio permainan yang mereka hasilkan. Kedua studio ini sama-sama fokus dalam pengembangan permainan RPG yang menawarkan keunikan dari segi cerita maupun mekanika gameplay.

Baru-baru ini terdengar kabar bahwa para pengembang dari Fallout: New Vegas pernah mengajukan proposal untuk membuat spinoff dari The Elder Scrolls, namun permintaan tersebut ditolak oleh pihak Bethesda. Pertanyaannya, mengapa hal ini terjadi?

Dev. Fallout New Vegas Sempat Mengajukan Garap Spinoff The Elder Scrolls
Gambar Dev. Fallout New Vegas Sempat Mengajukan Garap Spinoff The Elder Scrolls
Meskipun Bethesda menjadi pemilik dan pengembang utama dari seri permainan Fallout sejak yang ketiga, Obsidian sempat menciptakan spinoff yang diberi judul Fallout: New Vegas. Permainan ini dianggap sebagai salah satu iterasi terbaik dari seri tersebut, meskipun waktu pengembangannya lebih singkat dan sumber daya produksinya lebih terbatas.

Namun, tampaknya franchise Fallout bukan satu-satunya yang ingin digarap oleh Obsidian pada waktu itu. Mereka juga mengusulkan ide untuk membuat spinoff dari franchise lain milik Bethesda, yaitu The Elder Scrolls.

Informasi ini disampaikan oleh salah satu pendiri sekaligus mantan Chief Creative Officer (CCO) dari Obsidian Entertainment, Chris Avellone, yang berbagi beberapa pengalamannya sebagai pengembang permainan melalui platform Twitter/X.

Avellone menyatakan bahwa setelah suksesnya perilisan New Vegas pada tahun 2010, Obsidian berharap untuk mendapatkan dukungan dari Bethesda agar dapat mengembangkan lebih banyak permainan dalam franchise Fallout. Tidak hanya itu, ia juga beberapa kali mengajukan proposal untuk mengerjakan spinoff dari The Elder Scrolls, namun semua usulannya ditolak oleh pihak Bethesda.

Tidak dijelaskan secara eksplisit alasan di balik penolakan tersebut, terutama mengingat penerimaan yang sangat positif terhadap New Vegas bertahun-tahun setelah perilisannya. Namun yang pasti, Bethesda nampaknya tidak akan lagi mengizinkan pihak luar untuk mengembangkan permainan dalam franchise mereka, meskipun tidak ada permainan baru dari seri Fallout dan The Elder Scrolls dalam waktu dekat.

The Elder Scrolls 6 sedang dalam tahap pra-produksi sementara belum ada kabar mengenai Fallout 5, kecuali bahwa permainan tersebut tidak akan dirilis sebelum The Elder Scrolls yang baru.

Hal menarik adalah bahwa kini kedua studio tersebut sudah berada di bawah kepemilikan perusahaan yang sama, yaitu Xbox, sehingga membuat mereka memiliki keterkaitan yang erat dan memungkinkan Bethesda untuk memberikan izin kepada Obsidian untuk menggarap franchise mereka.

Namun, kemungkinan untuk adanya spinoff seperti Fallout: New Vegas kelihatannya kecil, setidaknya untuk saat ini karena kedua studio sedang sibuk dengan berbagai proyek masing-masing.

Obsidian saat ini sedang mengembangkan The Outer Worlds 2, sebuah seri yang dianggap sebagai penerus dari Fallout, dan juga Avowed yang merupakan permainan RPG fantasi dengan formula yang mirip dengan The Elder Scrolls. Dengan demikian, nampaknya Obsidian telah beralih fokus untuk menciptakan permainan mereka sendiri yang terinspirasi dari karya-karya milik Todd Howard dan timnya, daripada hanya bergantung pada properti milik Bethesda.