Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Developer akan Lebih Transparan Soal SBMM Call of Duty

Baru-baru ini, Sledgehammer mengadakan sesi tanya jawab di Reddit yang menarik banyak pertanyaan dan keluhan mengenai sistem SBMM dalam Call of Duty, terutama dalam Modern Warfare 3.

Untuk pertama kalinya, tim Call of Duty akhirnya memberikan tanggapan resmi terkait sistem SBMM (Skill-Based Match Making) yang selama ini menjadi perhatian pemain. SBMM dalam CoD dianggap tidak sesuai dengan prinsip dasar Skill-Based yang seharusnya menjadi landasan sistem tersebut.

Developer akan Lebih Transparan Soal SBMM Call of Duty
Gambar Developer akan Lebih Transparan Soal SBMM Call of Duty
Dilansir oleh Charlie Intel, tim Call of Duty akhirnya merilis pernyataan yang menjawab permasalahan yang sering kali menjadi keluhan terkait SBMM ini. Pernyataan tersebut dimulai dengan, "Kami menyadari minat yang besar terhadap pengalaman matchmaking, terutama dalam hal bagaimana keterampilan memengaruhi cara lobinya dibentuk dan pertandingannya disusun."

Mereka menyatakan bahwa tidak ada yang lebih penting bagi tim selain pengalaman bermain para gamer dan mereka sangat memahami peran penting yang dimainkan oleh proses matchmaking.

Berdasarkan penjelasan tersebut, tim telah dan terus mengembangkan sistem matchmaking ini selama lebih dari 10 tahun. Mereka berkomitmen untuk terus mengalokasikan waktu dan energi guna memperbaiki proses matchmaking ini.

Lebih lanjut, pernyataan tersebut mengindikasikan bahwa tim berencana untuk melakukan perubahan dalam beberapa minggu mendatang setelah peluncuran Musim 1, dan akan menggunakannya sebagai topik diskusi bersama komunitas. Dari situ, dapat disimpulkan bahwa tim berusaha untuk lebih transparan dalam menghadapi perkembangan SBMM CoD kepada para pemain.

Banyak pemain yang mengeluhkan bahwa implementasi SBMM dalam Call of Duty sangatlah kurang memuaskan. Meskipun seharusnya pemain ditempatkan melawan mereka yang memiliki tingkat keterampilan yang sebanding, namun kenyataannya hal tersebut tidak terjadi dalam Call of Duty.

Sebaliknya, SBMM dalam permainan ini sering kali mempertemukan pemain dengan tingkat keterampilan yang jauh berbeda dalam satu atau dua pertandingan. Ini menimbulkan perasaan bahwa sistem yang seharusnya berdasarkan keterampilan tidak terlihat jelas.

Sistem SBMM seharusnya membantu pemain baru atau yang memiliki tingkat keterampilan rendah. Namun, keluhan pemain menunjukkan bahwa hal tersebut tidak terjadi dalam CoD. Lebih tepatnya, pengalaman ini terasa seperti permainan naik turun yang tidak konsisten, bukan pertempuran melawan pemain dengan tingkat keterampilan sepadan.

Dengan adanya pernyataan dari tim Call of Duty, diharapkan ke depannya akan terjadi perkembangan yang positif terhadap sistem SBMM ini dalam semua seri Call of Duty.