Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

The Day Before Sudah Tak Bisa Dibeli di Steam

 Pada hari ini (12/12), kontroversi seputar game The Day Before buatan developer Fntastic semakin meningkat. Tidak hanya karena kekecewaan gamer terhadap kualitas game, Fntastic juga dilaporkan telah menutup studio pengembangannya.

Kabar terbaru menunjukkan bahwa game ini sudah tidak lagi dapat dibeli oleh para gamer di Steam. Apakah ini benar-benar terjadi?

The Day Before Sudah Tak Bisa Dibeli di Steam
Gambar The Day Before Sudah Tak Bisa Dibeli di Steam
Hanya empat hari setelah peluncurannya, Fntastic mengumumkan penutupan operasional studio ini. Keputusan yang mengejutkan, terutama mengingat game ini telah menjadi pusat perhatian selama setahun terakhir di dunia maya.

Alasan utama penutupan studio disebutkan terkait masalah finansial, dengan semua pendapatan dari The Day Before akan dialihkan untuk membayar utang kepada mitra bisnis mereka. Nasib game yang baru dirilis ini masih menjadi pertanyaan besar, mungkin akan segera dihapus dari peredaran dalam beberapa hari ke depan.

Sebentar setelah pengumuman penutupan studio, game The Day Before sudah tidak lagi tersedia untuk dibeli di Steam. Meskipun harga game ini $40, opsi pembelian telah dihilangkan, namun belum jelas apakah keputusan ini berasal dari Fntastic atau dari Steam sendiri.

Kabar tiba-tiba ini membuat banyak pemain berpikir untuk melakukan refund atas pembelian mereka. Banyak yang berbagi cara agar proses refund mereka diterima meskipun telah melewati batas dua jam bermain.

Tak hanya meninggalkan game kontroversial yang baru dirilis, Fntastic juga dilaporkan berusaha menghapus jejak digital mereka, termasuk situs resmi game, trailer lama, dan akun media sosial.

Jurnalis Nick Calandra melaporkan bahwa Fntastic telah menghapus saluran YouTube, akun LinkedIn, Medium, situs resmi game, dan bahkan akun Twitter/X dari CEO mereka, Eduard Gotovtsev.

Kehilangan jejak studio ini di berbagai platform merupakan langkah yang bertentangan dengan janji mereka untuk terus memperbarui The Day Before serta menerima masukan pemain terkait masalah dalam permainannya.

Selain itu, muncul juga kabar bahwa Fntastic diduga mengubah nama di Steam, menambah panjang daftar kontroversi seputar game The Day Before sebelum maupun setelah peluncurannya.