Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yoshi-P Ungkap Tim Divisi FF16 Telah Mulai Kerjakan Proyek Lain

Tampaknya Square Enix telah beralih dari Final Fantasy XVI. Game yang dimaksudkan sebagai cerita yang berdiri sendiri ini tampaknya tidak akan mendapatkan sekuel atau spin-off lainnya.

Final Fantasy XVI, yang dikembangkan oleh Square Enix melalui Creative Business Unit 3 dan disutradarai oleh Naoki Yoshida, menceritakan kisah Clive, karakter baru yang belum pernah muncul di seri Final Fantasy mana pun sebelumnya.

Yoshi-P Ungkap Tim Divisi FF16 Telah Mulai Kerjakan Proyek Lain
Gambar Yoshi-P Ungkap Tim Divisi FF16 Telah Mulai Kerjakan Proyek Lain
Namun, Square Enix tampaknya tidak memiliki niat untuk melanjutkan kisah dunia Final Fantasy XVI. Pasalnya, tim di balik game ini dikabarkan sudah mulai mengerjakan proyek selanjutnya.

Melansir dari media Jepang Famitsu, Naoki Yoshida yang biasa disapa Yoshi-P mengungkapkan bahwa mereka tidak memiliki niat untuk mengembangkan lebih lanjut dunia Final Fantasy XVI, baik itu melalui sekuel atau spin-off.

Para penggemar yang menyukai dunia Valisthea hanya dapat puas dengan hadirnya dua DLC terbaru dan port ke PC yang saat ini sedang dikerjakan. Sedangkan untuk DLC di masa depan, Yoshi-P mengungkapkan bahwa untuk saat ini belum ada rencana.

Lalu, mengapa Yoshi-P merasa bahwa spin-off atau sekuel tidak diperlukan? Dia mengungkapkan bahwa dia mendapatkan banyak pengetahuan baru ketika mengerjakan game ini. Jadi, daripada membuat sekuelnya, lebih baik dia mencurahkan waktu dan tenaga untuk mengerjakan game yang benar-benar baru.

Hanya saja, ini bukan berarti keputusan saat ini sudah absolut. Dia menambahkan bahwa tidak ada yang tahu bagaimana di masa depan. Bisa saja akan ada proyek baru untuk Final Fantasy XVI, tetapi untuk saat ini, belum ada rencana.

Sementara itu, tim yang mengerjakan Final Fantasy XVI di Creative Business Unit 3, sekarang sudah mulai bubar dan mengerjakan proyek lain. Tidak dijelaskan apakah proyek baru yang mereka maksud. Yang jelas, sepertinya untuk beberapa waktu ke depan, akan minim berita yang berhubungan dengan Final Fantasy XVI.