Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Developer Surgeon Simulator PHK Karyawannya

Pengembang Surgeon Simulator dan Lost Skies, Bossa Studios, telah menjadi yang terbaru terdampak oleh gelombang pemutusan hubungan kerja yang melanda industri permainan video.

Seperti yang diungkapkan oleh GI.biz, pengembang asal Inggris ini memutuskan hampir sepertiga dari total karyawan, di mana 19 karyawan kehilangan pekerjaan mereka, yang disebabkan oleh apa yang diungkapkan oleh salah satu pendiri, Henrique Olifiers, sebagai "badai peristiwa yang sempurna". Pemutusan hubungan kerja ini terjadi pada akhir tahun 2023, dengan 40 karyawan yang tersisa di studio tersebut.

Surgeon Simulator 2
Gambar Surgeon Simulator 2
"Badai event" ini, menurut Olifiers, disebabkan oleh banyaknya permainan triple-A berprofil tinggi yang diluncurkan setelah bulan September yang mengalihkan perhatian dari studio-studio kecil, meningkatkan biaya operasional, dan penundaan keputusan pembiayaan di seluruh industri.."

Olifiers memohon kepada studio lain untuk mempekerjakan mantan anggota tim yang terkena pemutusan hubungan kerja jika memungkinkan, meskipun keseluruhan industri permainan video saat ini sedang mengalami kesulitan dengan kehilangan pekerjaan.

Pemutusan hubungan kerja pada tahun 2023 merupakan salah satu yang terburuk dalam sejarah industri ini, dengan banyak studio dari berbagai ukuran terkena dampaknya. Media Molecule yang mengembangkan Dreams, CD Projekt Red pembuat Cyberpunk 2077, Frontier Developments yang mengembangkan F1 Manager, dan Ubisoft pembuat Assassin's Creed semuanya mengalami pemutusan hubungan kerja. Pengembang Destiny 2, Bungie, juga terkena dampak, yang menyebabkan atmosfer "menghancurkan semangat" di studio yang diungkapkan oleh IGN dalam laporan investigatif.

Perusahaan-perusahaan besar seperti Embracer, yang memiliki Gearbox Software pengembang Borderlands dan Crystal Dynamics pengembang Tomb Raider, penerbit Fortnite Epic Games, dan pemilik Dungeons & Dragons yaitu Hasbro, juga mengalami pemutusan hubungan kerja massal. Embracer memutuskan hubungan kerja dengan 5% dari total karyawannya, mencapai 904 staf secara keseluruhan, Epic Games memutuskan hubungan kerja dengan 16%, atau 830 karyawan, dan Hasbro memangkas hampir 20%, artinya sekitar 1.100 staf. Selain itu, beberapa studio secara keseluruhan juga ditutup, termasuk Campfire Cabal milik Embracer dan Volition Games pembuat Saints Row, serta studio di balik TimeSplitters yaitu Free Radical.

Itu dia pembahasan artikelnya. Jangan lupa baca juga artikel lain, seperti kejelasan rilis Silent Hill 2 Remake hanya di Warta Games.