Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Main Game di Instagram (IG) 2024, Update!

Sekarang ini, Instagram telah berevolusi. Dari awalnya ditujukan menjadi sosial media berbagi foto, kini menjadi tempat jualan, dan yang terbaru, tempat bermain games. Meski tidak resmi, para kreator games berlomba-lomba untuk membuat games di Instagram.
 
Games ini viral, tetapi masih banyak pemakai Instagram yang belum tau cara memainkannya. Untuk itu, Warta Games berusaha mencari tahu, dan merangkumnya ke dalam artikel cara main game di Instagram pada tahun 2024 ini.

Cara Bermain Game di Instagram
Cara Main Game di Instagram
Ada beberapa games yang telah wartagames.com temukan di Instagram, seperti Head Quiz, Flying Face, Lop Lop, Fest Finder, Gram Invaders, Truth or Dare yang memakai Instagram Stories untuk pengaktifan permainannya. Selain itu, ada Rickandmortyrickstaverse dan Hunt for the Pump yang menggunakan beberapa akun Instagram guna membuat permainannya. Nah, berikut ini adalah pembahasan cara memainkan ketujuh game yang telah disebutkan!

Cara Bermain Game HeadQuiz di Instagram (IG)

Cara Bermain Game Headquiz di Instagram
Cara Main Game di Instagram
Inovasi Instagram terus terjadi dengan adanya penambahan fitur baru, meniadakan fitur usang, dan atau memperbaiki fitur yang telah ada sebelumnya. Semuanya dilakukan pengembang Instagram demi meningkatkan pengalaman pengguna ketika menggunakan sosial media ini.

Akan tetapi, terkadang, tidak hanya Instagram yang berinovasi, melainkan penggunanya. Inovasi terbaru yang dilakukan oleh pengguna adalah membuat games. Salah satu games yang sedang populer adalah HeadQuiz yang dibuat oleh pengembang bernama Noorman Fakhrizal. Nama akun Instagram miliknya adalah @karetsatu. Game Instagram Head Quiz adalah sebuah filter story di Instagram yang dibuat menjadi game. Bila kamu pernah melihat acara televisi Eatbulaga, maka kamu akan cepat mengerti dan mudah main IG filter ini.

Cara Main Filter Story HeadQuiz

  • Pertama-tama, pengguna Instagram harus mengikuti Noorman Fakhrizal di akun @karetsatu.
  •  Kemudian buka fitur filter game instagram akun @karetsatu tersebut.
  • Bila sudah, cari filter HeadQuiz dan pilihlah.
  • Setelah masuk ke permainan, gunakan kamera belakang untuk memainkannya.
  • Lalu, arahkan smartphone milikmu ke wajah temanmu.
  • Temanmu harus menebak gambar yang muncul di stiker yang  muncul di smartphone milikmu.

Cara Bermain Game Flying Face di Instagram (IG)

Cara Bermain Game Flying Face di Instagram
Cara Main Game Kedipan Mata di Instagram
Flappy Bird pernah menjadi game fenomenal di platform smartphone. Berhasil menarik minat masyarakat dunia selama berbulan-bulan, akhirnya, karena banyaknya kontroversial, game tersebut dimusnahkan pengembangnya dari peredaran toko aplikasi. Meski Flappy Bird sudah menjadi kenangan, tetapi banyak pengembang lain berusaha memunculkannya kembali.

Salah satunya adalah pengembang Flying Face yang mengembangkan game mirip Flappy Bird itu via filter Instagram Stories. Kepopuleran Flying Face sebelas dua belas dengan Flappy Bird. Meski sama-sama populer dan mengesalkan, tetapi cara memainkan Flying Face berbeda dari Flappy Bird. Tidak seperti Flappy Bird yang harus menggunakan sentuhan tangan untuk dapat memainkannya, Flying Face cukup dengan wajah, atau kedip mata.

Terdapat satu hal terkeren yang dipersembahkan dari filter game kedipan mata instagram ini. Pada saat kamu memakai kamera depan handphone, maka muka kamu akan terpasang menggantikan muka burung. Jadi, pada saat bermain Flying Face, kamu akan melihat mukamu yang berbadan burung sedang terbang menghindari rintangan.

Game kedipan mata instagram ini merupakan buatan dari salah satu pengguna Instagram. Akun Instagram yang membuatnya anonim (tidak diketahui identitas aslinya). Ada pun akun yang dimaksud adalah @dvoshansky.

Game kedipan mata instagram ini bisa dimainkan secara multiplayer dengan maksimal pemain sebanyak dua orang. Pada saat ada dua muka yang terdeteksi oleh kamera, maka akan ada dua burung yang berwajahkan masing-masing pengguna. Dengan adanya dua orang yang main instagram, maka kamu dapat mengadakan lomba untuk mencari siapa yang terbaik dengan menerbangkan burung terjauh.

Developer dari filter game ini memakai teknologi augmented reality (AR) dalam rangka mengenali setiap kedipan mata, sehingga burung yang ada di dalam game kedipan mata instagram ini bisa terbang melalui pipa-pipa yang menghalangi.

Cara Main Filter Story Flying Face

  • Langkah pertama main game kedipan mata instagram ini adalah dengan mengikuti atau follow akun @dvoshansky.
  • Sesudah itu, pilih Stories, "Normal", dan pilih filter Stories, terakhir pilih Flying Face.
  • Kamera belakang dan depan bisa digunakan untuk memainkan Flying Face Instagram.
  • Tekan tombol rekam, apabila kamu mau membagikan game kedipan mata instagram ini melalui Stories.

Cara Bermain Game Lop Lop di Instagram (IG)

Cara Bermain Game Lop Lop di Instagram (IG)
Cara Main Game di Instagram
Melihat Flying Face viral, ada pengguna Instagram lainnya yang mencoba peruntungan mengikuti pola game tersebut. Namanya adalah Lop Lop. Diakses melalui Instagram Stories, keduanya mempunyai gameplay yang mirip-mirip, yakni menghindari tantangan dengan kedip mata.

Meski mirip, Lop Lop berbeda dari segi cerita apabila dibandingkan dengan Flying Face. Seperti Flappy Bird, Flying Face tak ada cerita. Sedangkan Lop Lop mempunyai cerita, yakni seorang nenek yang dikisahkan kabur dari bank harus melewati pelbagai rintangan. Si nenek ini digerakkan oleh pengguna Lop Lop.

Upaya kabur sang nenek dari bank dihadapkan pada rintangan. Ada pun rintangan yang harus dilewati sang nenek adalah polisi, mobil, portal, dan lain sebagainya. Pengguna Lop Lop diminta untuk mengedipkan matanya guna melewati rintangan-rintangan itu. 

Pada Lop Lop, penggunaan kamera smartphone tidak seperti Flying Face, yakni hanya bisa menggunakan kamera depan saja. Selain itu, Lop Lop hanya bisa dimainkan sendirian. Game Instagram ini tidak bisa dimainkan sebanyak dua orang selayaknya di Flying Face.

Filter Lop-lop dibuat oleh pemakai Instagram dengan akun @podrugi_persa. Sosok pemilik akun @podrugi_persa setelah ditelusuri dimiliki oleh seorang pemuda asal Rusia. Selayaknya Flying Face, Lop Lop menggunakan teknologi augmented reality (AR). Teknologi ini difungsikan untuk mengenali tiap-tiap kedip mata sehingga nenek di dalam game bisa melompat guna menghindari rintangan.

Jika dibandingkan dengan Flying Face, main Lop Lop lebih mudah, karena dapat melompat dengan sekali kedipan. Sedangkan Flying Face, lebih sulit dimainkan karena butuh kedipan mata yang berulang kali agar burung bisa melewati rintangan.

Cara Main Filter Story Lop Lop

  • Pertama, follow akun @podrugi_persa.
  • Sesudahnya, Lop Lop akan muncul dalam fitur di instagram Stories kamu. 
  • Lalu, buka Stories, pilih "Normal", buka filter Stories, pilih Lop Lop yang ikon-nya bergambar nenek berkacamata.
  • Gunakan kamera depan. Lepas kacamata bila kamu pengguna kacamata. Tujuannya agar gerak mata mudah dikenali oleh teknologi AR.
  • Tekan tombol rekam ketika bermain, bila ingin membagikan game ini di Stories kamu.

Cara Bermain Gram Invaders di Instagram (IG)

Cara Bermain Game Gram Invaders di Instagram
Cara Main Game di Instagram
 Ini merupakan filter Instagram Stories yang dibuat dengan konsep 8-bit game. Permainan ini dibuat untuk menjawab tantangan klien, Three. Konsumen dari Three merupakan para penikmat produk jaringan mobile yang kurang responsif terhadap iklan tradisional. Tipikal mereka, berusia atau berjiwa muda dengan konektivitas yang tinggi. Mereka adalah orang-orang yang kehidupannya menghabiskan uang melalui smartphone-nya. Jadi, bagaimana membuat mereka tertarik via kebaruan, dan inovasi?

Perencanaannya adalah dengan memposisikan diri kita seperti pengguna Three. Lantas apa? Setelah ditelusuri, produk bisa dimasukkan via Instagram Stories. Namun, tentunya, tidak dengan iklan yang biasanya. Dengan pemikiran matang, akhirnya, diputuskan membuat game 8 bit yang mengeksploitasi interface yang sudah ada untuk membuat pengalaman interaktif yang memuaskan.

Masih masuk ke dalam kampanye PhonesAreGood dari Three yang menjawab dari kampanye penolakan smartphone, terciptalah karakter 8-bit. Karakternya adalah seorang cewek milenial berambut ungu yang bersikeras menavigasikan dunia tanpa melepaskan pandangannya dari smartphonenya. Misi dari para pemain adalah membantu karakter untuk menghindari tiga level ringtangan yang dihadapkan padanya sepanjang jalan. 

Cara Main Filter Story Gram Invaders

  • Kunjungi akun Instagram @ThreeUK.
  • Cari Instagram Stories Gram Invaders dan klik.
  • Gerakkan karakter di dalamnya dengan tap untuk menghindari rintangan.

Cara Bermain Fest Finder di Instagram (IG)

Cara Bermain Game Fest Finder di Instagram
Cara Main Game di Instagram
Mengikuti kesuksesan Gram Invaders, Fest Finder dirilis. Gram Invaders dihadirkan kembali oleh Three UK dalam bentuk Fest Finder guna menyambut musim festival.

Karakter yang bisa dimainkan masih sama. Di dalam Fest Finder, diceritakan karakter utama kehilangan temannya di festival. Kamu harus menggerakkan karakter ini dengan tap dan melewati level demi level dengan tujuan mempertemukan karakter dengan temannya, dan ditutup dengan menonton penampilan selebriti.

Tidak mudah memainkan game ini karena lokasi festival dipenuhi dengan kekacauan. Mencari teman dari karakter utama di tengah kekacauan akan membuang waktu yang cukup banyak. Pada awalnya, temannya berjanji untuk bertemu di Lady Leshurr gig. Namun, temannya tidak menepati janji, dan terus berpindah-pindah tempat.

Cara Main Filter Story Fest Finder

  • Kunjungi dan follow akun Instagram @ThreeUK.
  • Cari Instagram Stories Fest Finder dan klik.
  • Gerakkan karakter di dalamnya dengan tapping untuk mencari teman dan menghindari rintangan.

Cara Bermain Rickandmortyrickstaverse di (IG)

Cara Main Game di Instagram: Rickandmortyrickstaverse
Cara Main Game di Instagram
Berbeda dengan yang sebelumnya, game Rickandmortyrickstaverse tidak dimainkan via Instagram Stories. Game ini dimainkan via link yang terhubung dengan akun-akun Instagram lain yang berhubungan dengan permainannya. Tujuan dari menelusuri link demi link dan dari satu akun ke akun lainnya adalah untuk menemukan item rahasia yang bisa digunakan ke akses konten eksklusif. Namun, pada saat tulisan ini diturunkan, meski game masih dapat dimainkan, ketersediaan hadiah perlu dicek ulang ya karena sudah lewat jauh dari masa promosi kartun Rick and Morty.

Game ini inovatif dan kreatif karena menggunakan platform Instagram dengan cara yang luar biasa di luar nalar kebanyakan orang. Masih menggunakan gambar, dan opsi interaktif yang tersedia untuk meningkatkan engagement.

Cara Main Panel Rickandmortyrickstaverse

  • Pertama, kunjungi akun Instagram @rickandmortyrickstaverse untuk memulai game.
  • Melalui game ini, para fans dibuat menjelajahi planet yang berbeda yang asalnya dari pertunjukkannya. Lihat masing-masing tempat untuk mendapat insight yang lebih banyak, dan melengkapi aksi. Dengan gambar yang ada pada layar, tap sekali. Bila muncul nama akun, maka kamu bisa "warp" ke akun lainnya yang diperuntukkan buat game ini.
  • Ketika sudah tap, kamu bisa ke fase berikutnya, yang mana kamu bisa menjelajah lebih jauh, menghubungkan kamu ke dunia dan gambar tambahan.

Cara Bermain Game Hunt for the Pump di (IG)

Cara Main Game di Instagram: Hunt for the Pump
Cara Main Game di Instagram
Pada awal tahun 2019, Reebok menyelenggarakan game "Hunt for the Pump" di Instagram. Para peserta dari game ini diajak untuk melakukan lari secara virtual melewati jalanan di San Fransisco. Via gambar panel berseri yang perlihatkan landmark kota, pemain diperintahkan untuk mencari logo Reebok Pump. Ketika logo sudah diketahui, maka harus di-klik agar dapat membawa ke fase berikutnya, di akun Instagram yang terhubung. Game ini menggunakan fungsi tag foto di Instagram secara optimal.

Cara Main Panel Hunt for the Pump

  • Kunjungi akun Instagram @zpump_startingline.
  • Lihat di tiap panel gambar, cari logo Reebok Pump.
  • Klik logo tersebut untuk ke fase berikutnya.
  • Cari kembali logo Reebok Pump dan klik logonya lagi. 
  • Lakukan kedua tindakan ini secara berulang hingga permainan selesai.

Cara Bermain Truth or Dare di Instagram (IG)

Cara Main Game Truth or Dare di Instagram
Game Truth or Dare Instagram
Game bernama Truth or Dare sudah lama ada, dan biasa dimainkan bersama teman ketika berkumpul bersama. Truth or Dare mengalami penyebaran yang luar biasa, sehingga hampir di seluruh dunia, permainan ini dimainkan. Seiring berkembangnya zaman, game ini diadaptasi ke dalam beberapa acara TV. Kemudian, ketika platform Youtube berkembang pesat, dan melahirkan banyak content creator, game ini sering dimasukkan sebagai salah satu segmen di dalam konten Youtuber. Terbaru, permainan ini digabungkan dengan teknologi AR ke dalam platform Instagram oleh seorang content creator melalui Instagram Story. Nah, cara memainkan game Truth or Dare di Instagram Story ini cukup mudah, seperti yang dijabarkan di bawah ini!

Cara Main Filter Story Truth or Dare

  • Bukalah Instagram milikmu, lalu ketikkan kata 'Aldisaw' di kolom pencarian
  • Dari kolom pencarian akan muncul hasilnya, dan pilihlah @aldisaw
  • Klik akun tersebut, dan follow
  • Pada bagian profil Instagram, terdapat tiga menu yang dapat dipilih, pilih emote wajah
  • Setelahnya, pilih postingan Truth or Dare
  • Unduh filter Truth or Dare agar tersimpan di Insta Story milikmu
  • Tekan gambar kamera, klik 'Coba"
  • Setelah file tersimpan, mainkan game dengan memilihnya via Insta Story
  • Mainkan game secara berkelompok
  • Arahkan kamera ke lawan bermain, dan lontarkan pertannyaan yang muncul

Cara Bermain Game Easter Egg Challenge di (IG)

Cara Main Game Easter Egg Challenge di Instagram
Cara Main Game di Instagram
Setiap perayaan 17 Agustus, hampir dipastikan ada lomba bawa kelereng. Lomba tersebut mengharuskan pesertanya, membawa kelereng di atas sendok yang digigit, sambil berjalan ke arah garis finish. Nah, serupa dengan lomba bawa kelereng tersebut, salah seorang content creator filter di Instagram membuat Easter Egg Challenge. Game AR tersebut mengharuskan penggunanya meraih skor tertinggi dengan menstabilkan telur di atas sendok yang digigit. Nah, untuk detailnya, penjelasan lengkap cara bermain Easter Egg Challenge di Instagram ada di bawah ini!

Cara Main Filter Story Easter Egg Challenge

  • Pertama-tama, follow akun kreatornya @Krylovim
  • Lalu, lihat ikon filter, bila biru, maka filter Easter Egg Challenge sudah ada
  • Cek Instagram Stories-mu dan mainkan filternya
  • Jangan lupa tekan tombol rekam untuk merekam permainannya
  • Terakhir, bagikan momen permainanmu

Cara Bermain Jawab Cepat di Instagram (IG)

Cara Main Game Jawab Cepat di Instagram
Cara Main Game di Instagram
Beberapa tahun ke belakang, permainan Jawab Cepat cukup populer di acara TV, dan kanal Youtube Indonesia. Game ini dimainkan perorangan dengan dipimpin seorang penanya yang menanyakan beberapa pertanyaan yang terdiri atas dua pilihan. Pertanyaan yang ditanyakan harus dijawab secara cepat oleh peserta permainan, agar tidak sempat berpikir, dengan harapan isi hati peserta yang sebenarnya ke luar. Salah seorang kreator filter asal Indonesia di Instagram, merasa bahwa permainan ini layak di bawa ke IG Story, sehingga terciptalah filter Jawab Cepat. Untuk yang ingin memainkan filter ini, dapat melihat caranya di bawah.

Cara Main Filter Story Jawab Cepat

  • Masuk ke aplikasi Instagram
  • Searching akun noorbagus
  • Klik gambar emote, pilih filter Jawab Cepat
  • Klik tombol save di bawah kanan agar tersimpan ke Instagram Story-mu
  • Coba filternya, tekan layar untuk ganti pertanyaan
  • Tekan rekam, untuk perekaman
  • Bagikan permainan yang sudah direkam
Demikian lah pembahasan informasi tentang cara bermain game di panel dan filter story Instagram, mulai dari games Head Quiz, Flying Face (game kedipan mata instagram), Lop Lop, Gram Invaders, Fest Finders, Easter Egg Challenge, Jawab Cepat, Truth or Dare, Rickandmortyrickstaverse, dan Hunt for the Pump. 

Semoga bermanfaat, serta jangan lupa sebarkan artikel ini jika kalian suka atau dirasakan manfaatnya. Baca juga artikel lainnya dari Warta Games ya!