Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Game di Scratch untuk Pemula 2024

Scratch adalah platform yang sangat cocok untuk pemula, termasuk anak-anak yang ingin belajar pengodean. Scratch memungkinkan pembuatan game melalui bahasa pemrograman visual berbasis blok. Berikut ini panduan lengkap untuk memulai membuat game di Scratch.

Cara Membuat Game di Scratch

Cara Membuat Game di Scratch
Gambar Cara Membuat Game di Scratch
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat game di Scratch yang dirangkum dari idtech.com:

1. Mencari Ide

   - Mulailah dengan brainstorming untuk menemukan ide game. Tentukan tujuan dan jenis game yang ingin dibuat. Pikirkan elemen yang membuat game menarik dan menantang.

2. Tambah Latar Belakang

   - Tambahkan latar belakang dengan mengklik tombol 'Choose a backdrop' di pojok kanan bawah halaman utama Scratch. Anda juga bisa mengunggah latar belakang yang sudah dimiliki dengan mengklik 'Upload'.

3. Tambahkan Sprite

   - Sprite adalah karakter atau objek dalam game. Anda bisa membuat sprite sendiri atau memilih dari koleksi yang tersedia di Scratch.

4. Masukkan Kode

   - Setelah latar belakang dan sprite siap, mulailah menambahkan kode. Mulai dengan menambahkan blok kode yang menentukan kapan game dimulai, seperti menggunakan blok 'bendera hijau'. Lanjutkan dengan menambahkan blok-blok lain yang diperlukan untuk mengatur logika dan aksi dalam game.

5. Tambahkan Suara

   - Agar game lebih menarik, tambahkan efek suara dan musik latar belakang. Anda bisa memilih dari pustaka suara di Scratch atau mengunggah suara sendiri.

6. Simpan

   - Setelah game selesai dibuat, simpan proyek Anda. Anda bisa membagikan game tersebut di situs Scratch agar bisa dimainkan oleh orang lain.

Apa Itu Scratch?

Scratch, menurut situs resminya di scratch.mit.edu, adalah bahasa pemrograman visual yang didesain untuk memudahkan pemula, seperti siswa sekolah, dalam membuat program tanpa perlu khawatir tentang penulisan sintaksis yang kompleks. Dikembangkan oleh MIT Media Lab, Scratch mendukung lebih dari 60 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Pada tahun 2020, Scratch telah memiliki 58 juta pengguna dengan 49 juta proyek yang dibuat di platform tersebut.

Ketika pengguna membuka Scratch, mereka akan melihat antarmuka yang terbagi menjadi tiga bagian utama:

1. Area Panggung: Tempat di mana semua aksi dari sprite terjadi.

2. Palet Blok: Kumpulan blok kode yang bisa digunakan.

3. Area Pengodean: Tempat menyusun blok-blok kode menjadi skrip.

Jenis Game yang Bisa Dibuat di Scratch

Menurut idtech.com, ada beberapa jenis game sederhana yang bisa dibuat di Scratch, seperti:

- Permainan Clicker: Klik objek di layar untuk mendapatkan poin.

- Gim Kejar-kejaran: Karakter utama mengejar atau dikejar objek lain.

- Permainan Pong: Menggerakkan dayung untuk memantulkan bola kembali ke sisi lawan.

Dengan mengikuti langkah-langkah cara membuat game di Scratch di atas, Anda dapat membuat game sederhana di Scratch yang bisa dinikmati oleh banyak orang. Selamat mencoba!