Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Main Game Android di PC dengan Mudah

Ingin tahu cara memainkan game Android favoritmu di PC? Bagi para penggemar game, bermain di PC tentu memberikan pengalaman yang lebih seru.

Kabar baiknya, sekarang kamu tidak hanya terbatas pada game PC saja, tetapi juga bisa menikmati game Android di PC. Mungkin ada game tertentu yang kamu rasa lebih asyik dimainkan dalam versi Androidnya. Tenang saja, kami memiliki beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat pengalaman bermain game di PC menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Cara Main Game Android di PC

Cara Main Game Android di PC
Gambar Cara Main Game Android di PC
Memang benar, banyak game Android yang menawarkan fitur-fitur menarik dan pengalaman bermain yang lebih menyenangkan. Game-game ini telah mendapatkan pengakuan secara global. Namun, terkadang layar smartphone yang kecil bisa mengurangi keasyikan bermain, meskipun beberapa perangkat Android sudah memiliki layar yang lebih besar. Layar PC yang lebar tentu memberikan pengalaman yang lebih imersif. Selain itu, jika kamu lebih menyukai menggunakan keyboard dan kontroler daripada layar sentuh, ini bisa menjadi alasan lain untuk mencari alternatif.

Beruntungnya, ada solusi untuk kamu yang ingin menikmati game Android favoritmu di PC: emulator. Meskipun pilihan emulator mungkin terbatas, dan opsi yang tersedia tidak sebanyak yang kamu harapkan, kamu masih bisa menemukan emulator yang tepat untuk bermain game Android di PC. Mari kita jelajahi beberapa emulator terbaik yang akan membuat pengalaman bermain game Androidmu di PC menjadi lebih seru dan memuaskan.

Cara Main Game Android di PC dengan Bluestacks 4 / MSI App Player

Bluestacks memang telah lama dikenal sebagai salah satu emulator Android terbaik. Meskipun sudah ada sejak lama, emulator ini terus diperbarui dan versi terbarunya menawarkan banyak perbaikan yang meningkatkan pengalaman pengguna. Menurut ulasan terkini, Bluestacks dianggap aman untuk digunakan di PC dan tidak ditemukan adanya perilaku jahat. 

Emulator ini juga dirancang dengan baik dan mudah digunakan, mendukung aplikasi dari luar Google Play Store, dan gratis. Namun, perlu diingat bahwa meskipun Bluestacks tidak akan memperlambat komputer kebanyakan orang, emulator ini menggunakan cukup banyak sumber daya perangkat keras, sehingga mungkin menyebabkan penurunan kinerja jika dibiarkan berjalan di latar belakang.

Jadi, jika kamu mencari cara untuk menikmati game Android favoritmu di PC, Bluestacks bisa menjadi pilihan yang tepat. Pastikan untuk mengunduhnya dari situs resmi untuk menghindari risiko malware dan mengaktifkan virtualisasi untuk kinerja yang lebih baik.

Permulaan

Untuk menggunakan emulator Bluestacks, unduh dari situs resminya. Bluestacks 4 mendukung Android 7.0 Nougat, dan meskipun versi ini tergolong lama, yang terpenting adalah emulator dapat beroperasi dengan lancar. Emulator ini memungkinkan kamu untuk menjalankan aplikasi dan game favoritmu. Seperti saat pertama kali menggunakan Android, kamu harus masuk ke akun Google untuk mengakses aplikasi. Di Google Play Store, pilih “My Library” untuk mengunduh aplikasi dan game. Dalam Bluestacks, game ditampilkan secara menonjol di tengah layar. Di Game Center, kamu akan menemukan rekomendasi game populer dan yang sering dimainkan oleh banyak pengguna.

Fitur

Emulator ini memungkinkan kamu untuk menyesuaikan kontrol permainan dan tata letak keyboard sesuai preferensi pribadi, sehingga pengalaman bermain di PC menjadi lebih nyaman. Tidak perlu repot mengatur ulang tata letak keyboard karena emulator sudah menyediakan konfigurasi yang efisien. Dengan fitur Multi Instance, kamu bisa mendapatkan keuntungan tambahan, seperti kemudahan bermain game strategi atau gacha dengan banyak akun sekaligus. Emulator ini juga mendukung beragam game dari berbagai pengembang tanpa menyebabkan kebingungan. Untuk dokumentasi, tersedia fitur rekaman dan tangkapan layar yang memudahkan kamu untuk mengabadikan momen bermain. Kamu dapat menikmati grafis berkualitas tinggi dengan pengaturan display dari HD hingga Quad HD dan DPI yang bisa disesuaikan antara 160 dan 320. Jika komputer kamu mendukung, kamu bahkan bisa menggunakan resolusi asli dari monitor kamu sendiri.

Kinerja

Emulator ini memungkinkan kamu untuk menikmati permainan seperti Asphalt 9, Madden NFL Mobile, dan FIFA Mobile dengan lancar. Meskipun kadang-kadang ada sedikit lag, itu tidak akan merusak pengalaman bermainmu. Waktu loading game cukup cepat, namun memang memerlukan waktu yang agak lama untuk game tersebut muncul. Setelah game terbuka, kecepatan bermainnya serupa dengan bermain di ponsel asli. Bluestacks juga menawarkan emulator lain yang bernama MSI App Player, yang memiliki performa yang hampir sama. Namun, beberapa pengguna merasa bahwa MSI App Player memiliki kinerja yang lebih halus daripada Bluestacks. Kedua emulator ini adalah pilihan yang sangat baik untuk pengalaman bermain game yang optimal.

Cara Main Game Android di PC dengan Nox Player

Nox Player dikenal sebagai pilihan alternatif yang sangat baik bagi mereka yang tidak menggunakan Bluestacks. Emulator ini menawarkan fitur yang mirip, termasuk sistem operasi Android 7.0 Nougat dan akses ke Google Play Store untuk mengunduh berbagai game dan aplikasi yang diinginkan.

Permulaan

Untuk memulai bermain game di komputer, kamu hanya perlu mengunduh Nox Player dari situs resminya dan menginstalnya. Antarmuka Nox Player sangat menyerupai Android versi lama, lengkap dengan aplikasi bawaan dan navigasi tablet Android seperti tombol kembali, home, dan aplikasi terakhir yang dibuka, yang terletak di sudut kanan bawah. Google Play Store dapat diakses melalui folder Tools, di mana kamu dapat mengunduh berbagai aplikasi dan game sesuai keinginanmu. Pastikan untuk login ke akun Google-mu terlebih dahulu.

Fitur

Nox Player menawarkan fitur yang mungkin terlihat lebih sederhana dibandingkan Bluestacks pada pandangan pertama. Namun, keunikan Nox Player terletak pada multi drive yang membedakannya dari Bluestacks. Kamu dapat menyesuaikan keyboard sesuai dengan preferensi pribadi. Sementara Bluestacks memiliki pengaturan default yang mungkin hanya memerlukan penyesuaian kecil, Nox Player memungkinkan kamu untuk mengatur dari awal. Ini mungkin sedikit menantang bagi pemula, tetapi memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk menyesuaikan kontrol sesuai keinginan mereka. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa resolusi layar maksimum yang didukung Nox Player adalah Full HD.

Kinerja

Beberapa pengguna telah mencoba memainkan Asphalt 9 dan Sniper Strike melalui Nox Player dan mengalami lag serta layar yang terkadang tidak responsif. Meskipun emulator ini dapat memuat game dengan cepat, proses loading awalnya mungkin terasa lama dan membuat pengguna tidak sabar. Setelah masuk ke dalam game, seperti Asphalt 9, lag mungkin terlihat jelas pada awalnya, tetapi seiring waktu, performa menjadi lebih lancar. Nox Player cocok untuk game yang tidak terlalu menuntut grafis berkualitas tinggi dan detail, meskipun demikian, perlu diingat bahwa loading game pada umumnya memerlukan waktu yang lebih lama.

Cara Main Game Android di PC dengan Gameloop

Gameloop, yang sebelumnya dikenal sebagai Tencent Gaming Buddy, adalah emulator resmi yang dirancang untuk memainkan game populer PUBG Mobile di komputer. Mungkin terdengar aneh mengapa perlu emulator untuk game yang sudah ada versi mobilenya. Namun, bagi penggemar berat PUBG, bermain di emulator memberikan pengalaman yang mirip dengan bermain di perangkat mobile, namun dengan kenyamanan kontrol permainan komputer. Gameloop juga menawarkan berbagai fitur lain yang meningkatkan pengalaman bermain game.

Permulaan

Untuk menggunakan Gameloop, kamu perlu mengunduh dan menginstalnya dari situs web resmi. Prosesnya mirip dengan Bluestacks, di mana setelah instalasi, kamu akan mendapatkan akses ke pusat game yang menawarkan berbagai pilihan game menarik, termasuk PUBG Mobile. Tidak hanya itu, emulator ini juga menyediakan berbagai aplikasi terkenal lainnya seperti WhatsApp, YouTube, dan Instagram. Namun, ada satu kekurangan: Google Play Store tidak terintegrasi secara langsung. Untuk mengaksesnya, kamu harus membuka bagian ‘My Games’ dan menginstal aplikasi melalui Google Installer. Perlu diingat, semua game atau aplikasi yang diunduh dari Google Play Store akan ditandai sebagai ‘non-gameloop app’.

Fitur

Gameloop, dibandingkan dengan emulator lain, memiliki fitur yang lebih terbatas. Fitur multi-sync tidak tersedia, dan mode anti-cheat diterapkan secara otomatis saat memulai game. Namun, fitur standar seperti screenshot, rekaman, dan kustomisasi keyboard tetap ada. Mengatur ulang tata letak keyboard cukup mudah, meskipun kamu harus mengonfigurasinya dari awal karena tidak ada pengaturan awal yang tersedia.

Bagi yang sudah berpengalaman, mengatur ulang tata letak mungkin tidak menjadi masalah, tetapi bagi pemula, ini bisa menjadi tantangan. Namun, semua pengaturan ini dioptimalkan untuk pengalaman bermain PUBG yang sempurna. Resolusi dasar adalah 1280x720, tapi dengan sedikit penyesuaian, kamu bisa meningkatkan resolusi hingga Full HD. DPI juga dapat diatur antara 160 hingga 480 sesuai kebutuhanmu.

Kinerja

Kebanyakan orang yang mencoba Gameloop biasanya ingin memainkan PUBG Mobile. Namun, mereka seringkali juga tertarik untuk mencoba game lain seperti Asphalt 9 dan Call of Duty. Dari berbagai pilihan emulator, Gameloop menonjol karena kecepatan loading dan performa yang lancar saat memulai game.

Pengalaman bermain game di Gameloop umumnya sangat mulus. Emulator ini memungkinkan kamu untuk melihat spesifikasi minimum yang dibutuhkan, sehingga kamu bisa mengecek apakah komputer kamu cukup kuat untuk menjalankan game yang ingin kamu mainkan. Namun, untuk game non-Gameloop seperti Asphalt 9, performanya kurang memuaskan; game tersebut sering mengalami lag dan masalah frame rate.

Sebaliknya, saat bermain Call of Duty dan PUBG Mobile, performanya sangat baik dengan loading yang cepat dan minim lag. Bahkan jika dibandingkan dengan emulator lain seperti Bluestacks, Gameloop menawarkan pengalaman bermain yang lebih superior.

Dalam memilih emulator, tidak ada satu pun yang sempurna. Semuanya tergantung pada kebutuhanmu. Jika kamu mencari emulator dengan banyak pilihan aplikasi dan game, Bluestacks dan MSI App Player bisa menjadi pilihan yang tepat karena fitur smart control yang mereka tawarkan. Namun, jika kamu lebih fokus pada game dari Tencent Games seperti PUBG Mobile dan Call of Duty, Gameloop adalah pilihan yang ideal.

Perlu diingat bahwa pengalaman menggunakan emulator bisa berbeda tergantung pada spesifikasi komputer yang kamu miliki. Oleh karena itu, penting untuk memilih emulator yang paling sesuai dengan kebutuhan dan konfigurasi sistem kamu.