Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

EXP Lane ML: Artinya, hingga Tier List Hero Terkuat

Warta Games - Terdapat pertanyaan terkait apa itu EXP lane dan cara menjadi penguasa EXP lane ML.

Adapun pertanyaan terkait apa itu EXP lane dan cara menjadi penguasa EXP lane ML, ditanyakan oleh gamers yang mencari solusinya.

Adapun gamers yang menanyakan pertanyaan terkait apa itu EXP lane dan cara menjadi penguasa EXP lane ML adalah gamers yang sedang berusaha menjadi player yang jago di Mobile Legends, khususnya EXP lane.

Warta Games berusaha menjawab pertanyaan terkait apa itu EXP lane dan cara menjadi penguasa EXP lane ML, dengan memahami pertanyaannya.

EXP Lane ML: Artinya, hingga Tier List Hero Terkuat

  1. Apa Itu EXP Lane di ML?
  2. Tugas Player di EXP Lane
  3. Kesalahan Fatal Player EXP Lane
  4. EXP Laner ML Terbaik di MPL Indonesia
  5. Tier List Hero EXP Lane ML
  6. Alasan Hero EXP Lane Harus Tahan Pukul
  7. Cara Menjadi Penguasa EXP Lane ML
  8. Lane Lain di Mobile Legends

Apa Itu EXP Lane di ML?

EXP Lane ML
Gambar EXP Lane ML

Exp Lane atau Experience Lane merupakan salah satu jalur yang memberikan hero, experience (EXP) lebih banyak ketika membunuh musuh atau minion. Lokasinya berdekatan dengan lokasi pertama munculnya turtle, yang bisa berada di atas atau di bawah jalur tersebut.

Tugas Player di EXP Lane ML

Explaner merupakan salah satu dari lima peran yang ada dalam permainan Mobile Legends. Peran ini sering diwakili oleh hero-hero dengan daya tahan tinggi seperti hero tank dan hero fighter. Meskipun sering dianggap remeh oleh sebagian pemain Mobile Legends, peran explaner sebenarnya memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah tim.

Menjaga Lane


Tugas utama seorang explaner adalah menjaga jalur dan menara yang berada di wilayahnya. Mereka juga mampu melakukan cutting minion untuk memudahkan menjaga jalur sekaligus memperoleh informasi tentang posisi lawan di sekitar jalur tersebut.

Rotasi


Lebih baik bagi seorang explaner untuk membersihkan minion dengan cepat daripada terlibat dalam pertarungan mekanis dengan explaner lawan. Setelah membersihkan minion, explaner perlu bergegas ke jalur lainnya dan membantu rekan tim dalam melakukan ganking.

Set Up Turtle


Seorang explaner bertanggung jawab untuk mengatur perolehan Turtle. Mereka bisa menarik Turtle mendekati wilayah jungler dari timnya, memudahkan jungler untuk mengambil Turtle. Peran ini juga mampu melakukan pengepungan pada jungler dari tim lawan.

Responsif atas Map


Seorang explaner harus selalu memperhatikan peta untuk menghindari jebakan ganking saat melakukan cutting minion atau saat berhadapan dengan explaner lawan. Kehilangan seorang explaner karena pick off oleh tim lawan akan memberikan keunggulan jumlah bagi tim lawan saat terjadi pertarungan tim.

Trade dan Targeting


Seorang explaner perlu menargetkan salah satu pembawa damage musuh, seperti goldlaner atau midlaner, dalam pertarungan tim. Mereka harus bersedia bertukar nyawa dengan salah satu pembawa damage musuh agar timnya lebih mungkin memenangkan pertarungan tim.

Kesalahan Fatal Player EXP Lane ML saat Bermain

Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh para EXP Laner:

Jarang Berotasi


Salah satu kesalahan mendasar yang sering terjadi pada seorang EXP Laner adalah jarang melakukan rotasi ke jalur lainnya. Hal ini dapat merugikan tim terutama saat terjadi pertempuran tim, karena kehilangan kontribusi dalam memberikan damage. Selain itu, minimnya rotasi juga bisa membuat EXP Laner kalah dalam hal perekonomian dari lawannya.

Tidak Membersihkan Jalur saat Berotasi


Rotasi merupakan hal penting dalam permainan MOBA, namun, sebelum melakukan rotasi, membersihkan minion adalah hal yang penting. Tidak membersihkan jalur dapat menjadi kerugian bagi tim karena menempatkan menara dalam bahaya jika jalur diambil alih oleh musuh. Selain itu, ketidakbersihan jalur juga akan mengakibatkan kerugian dalam hal ekonomi.

Mengambil Monster Jungle


Kesalahan umum lainnya terjadi saat seorang EXP Laner, yang karena kalah jalur atau kekurangan ekonomi, seringkali mengambil monster di hutan. Hal ini merugikan jungler tim sendiri karena menyebabkan mereka tertinggal dalam level dan ekonomi dibanding jungler lawan. Seorang EXP Laner sebaiknya hanya mengamankan satu monster di hutan yang menjadi haknya, seperti Gold buff atau kelomang.

Tidak Memahami Potensi Hero


Pemahaman akan potensi hero sangat berpengaruh pada hasil akhir suatu pertandingan. Disarankan untuk menggunakan hero EXP Laner yang sudah dikuasai dengan baik. Pemahaman makro dan mikro dari seorang pemain juga sangat penting dalam hal ini.

Terlalu Fokus pada Mekanik


Beberapa hero EXP Lane memang memiliki keunggulan dalam melakukan aksi yang memukau, seperti Chou atau Yu Zhong. Namun, terkadang pemain EXP Laner terlalu fokus pada aksi mekanik dengan musuh. Hal ini dapat merugikan tim karena kekurangan sumber daya damage dan kurangnya kontribusi dalam menahan serangan saat terjadi pertempuran tim.

EXP Laner ML Terbaik di MPL Indonesia

Tugas seorang EXP Laner tidaklah mudah. Selain harus berhasil dalam fase laning, mereka juga harus sering melakukan rotasi ke jalur lain untuk memberikan bantuan. Terkadang, seorang EXP Laner juga menjadi penahan bagi timnya saat terjadi pertempuran tim.

Oleh karena itu, seorang EXP Laner perlu memiliki keterampilan mekanik yang kuat serta kemampuan makro dan mikro yang terampil. Dalam konteks ini, Warta Games telah merangkum 5 EXP Laner terbaik yang masih aktif bermain di MPL Indonesia saat ini, dan berikut ulasannya:

Rippo

Eks pemain Bigetron Alpha dari Malaysia yang kini bermain untuk RSG Malaysia ini, dikenal karena kemampuan psy war yang unik dengan berbagai cara penggodaannya. Tidak hanya itu, Rippo juga diakui sebagai salah satu EXP Laner terkuat saat ini. Pencapaiannya terbukti dengan membawa Bigetron Alpha hingga ke Grand Final MPL ID Season 7.

Pai

Pai, seorang pemain dari tim Alter Ego, adalah salah satu pemain dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi di Indonesia. Ia mampu menjadi andalan sebagai EXP Laner dengan menggunakan hero-hiro andalannya seperti Esmeralda dan Phoveus. Kematangannya dari musim ke musim terus berkembang, menjadikannya salah satu EXP Laner terbaik di Indonesia dengan pencapaian menjadi juara MPLI 2022, runner up MPL ID Season 6, dan runner up Piala Presiden 2021.

Butsss

Pemain yang cenderung pendiam ini selalu tampil mengejutkan di setiap musim. Setelah pindah dari EVOS Legends dan bergabung dengan ONIC Esports, Butsss telah menjadi salah satu EXP Laner terbaik di Indonesia. Keberhasilannya tercermin dari gelar MVP Regular Season MPL ID Season 8, di mana saat itu ia berhasil membawa ONIC Esports menjadi juara.

Antimage

Salah satu dari 5 kage eks ONIC Esports yang juga eks EVOS Legends, Antimage telah membuktikan kemampuannya yang tidak diragukan lagi. Dengan pemahaman permainan yang baik dan mekanik yang sangat baik, ia berhasil menjadi juara MPL Indonesia dengan dua tim yang berbeda.

R7

Sebagai pemain dari RRQ Hoshi, R7 memiliki semua kriteria untuk menjadi EXP Laner terbaik di Indonesia saat ini. Dengan tiga gelar juara MPL Indonesia di bawah namanya, kemampuannya dengan hero andalannya seperti Esmeralda dan Chou sudah menjadi bukti yang kuat. Selain itu, kepemimpinannya menjadi nilai tambah dari pemain yang memiliki karisma yang kuat ini.

Tier List Hero EXP Lane ML

Tier list hero di EXP lane menjadi sangat penting. Peran EXP lane dianggap sebagai salah satu yang paling sulit dalam META MLBB saat ini oleh beberapa pakar, misalnya KB. Tugas seorang EXP laner sangatlah kompleks.

Bagi banyak orang awam, EXP lane mungkin terlihat hanya bertanggung jawab pada satu jalur dan diharapkan untuk menang secara individu. Dengan begitu, diharapkan mereka bisa dengan mudah bergabung dalam pertempuran tim.

Namun, kenyataannya tidak semudah itu. Saat ini, seorang EXP lane tidak bisa terlalu dominan. Mereka harus memilih antara memperpanjang jalur dengan menguasainya, membantu dalam objektif besar, bahkan kadang menjadi penahan atau melakukan pergerakan mundur.

Pilihan hero di EXP lane juga semakin beragam. Jika sebelumnya hero-tank dominan dalam META EXP lane untuk waktu yang lama dan masih digunakan hingga saat ini, hero-hunter (damager) mulai mendapatkan perhatian. Hero seperti Paquito, Terizla, X-borg, dan Khaleed yang memiliki potensi damage menjadi prioritas.

Secara spesifik, inilah tujuh hero yang masuk ke dalam tier S atau yang dianggap paling kuat.

Edith

R7 menetapkan Edith sebagai hero tier S pada jalur EXP karena kini keterampilan kedua dirinya dapat dipadukan dengan flicker. Hal ini menyebabkan dampak kejut yang sangat signifikan pada musuh, memunculkan momentum yang krusial.

Fase pemasukan jalur (laning) dari sang hero dianggap kuat karena kemampuan regenerasi nyawa (lifesteal) dan tingkat kerusakan yang dimiliki, serta kemampuan untuk beradaptasi dalam pemilihan tim, mengingat popularitas Edith sebagai pemandu (roamer). R7 memandang bahwa kombinasi pemasukan jalur EXP Edith dengan pemandu tank akan sangat memperkuat tim.

Lapu-lapu

Lapu-lapu merupakan pemasuk jalur EXP yang kuat karena kesadaran yang luas dari banyak orang akan pentingnya objektif besar seperti turtle dan lord. Lapu-lapu memiliki kekuatan yang signifikan dalam pertarungan tim untuk objektif, terutama dalam menargetkan pemain belakang (backline) seperti jungler, marksman, atau penyihir (mage).

Ultimatenya telah diperkuat sehingga menimbulkan kerusakan yang sangat besar pada tahap pertama dan kedua, memiliki dampak yang signifikan. Salah satu hero pemasuk jalur EXP terkuat dalam pertarungan tim untuk objektif.

Uranus

Uranus dianggap sebagai hero yang sangat kuat (OP) karena emblem dasar yang umum digunakan. Sehingga, Uranus tidak lagi memerlukan Enchanted Talisman. Penggunaan mananya akan lebih efisien, dan dengan membangunnya secara penuh sebagai hero tank benar-benar membuatnya kuat.

Uranus yang mengganggu hutan musuh dan mengacaukan jungler lawan akan sangat mengganggu. Selain itu, Uranus juga sangat kuat dalam objektif turtle ketika mengejar hero-heri musuh yang rapuh.

Paquito

Salah satu prioritas hero pemasuk jalur EXP saat ini adalah Paquito karena mobilitasnya yang tinggi, kerusakan yang besar untuk membersihkan minion, dan bahkan kemampuannya untuk melakukan rotasi dengan sangat cepat.

Setelah menerima penguatan, keterampilan kedua Paquito menjadi sangat mematikan dan mampu bermain di dua jalur. R7 memastikan bahwa kini Paquito memiliki kemampuan rotasi yang lebih cepat dibandingkan dengan Benedetta. Dia juga memiliki kemampuan untuk mundur (back-step) ke inti lawan.

Terizla

Terizla dianggap sebagai hero dengan kerusakan besar, semakin tebal semakin sulit ditaklukkan, dan ultimatenya dapat dipadukan dengan flicker. Dia dapat membuka peta (map), memulai serangan, dan kuat dalam objektif turtle.

Terizla masuk ke dalam daftar hero pemasuk jalur EXP dengan atribut yang sangat lengkap menurut R7. Tidak mengherankan pula jika dia sering muncul belakangan ini dalam adegan kompetitif.

X-borg

X-borg berada pada tier S karena pada umumnya hero pejuang (fighter) kuat memiliki mobilitas yang rendah kecuali Paquito. X-borg memiliki kekuatan tambahan karena talent dan item build yang mampu melemahkan hero yang lambat.

X-borg cukup kuat dalam pemasukan jalur EXP dan sebagai asuransi di tahap permainan akhir (late game) karena kerusakannya yang besar terlepas dari penggunaan emblem full tank yang akan dipilih. Seperti yang kita ketahui, kerusakan yang ditimbulkan oleh X-borg termasuk true damage dan DPS.

Yu Zhong

Yu Zhong berada pada tier S karena ketika menggunakan ultimate, semua musuh langsung merasa khawatir dan panik. Meskipun ada beberapa Marksman yang dapat melakukan kontra.

Apalagi Yu Zhong sekarang mendapatkan peningkatan kecepatan pergerakan setiap kali pasifnya aktif. Dia dapat menggunakan Brave Smith atau Quantum Charge dengan fleksibilitas yang tinggi.

Alasan Hero EXP Lane ML Harus Tahan Pukul

Para pemain Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) pasti familiar dengan kebutuhan hero di jalur EXP laner untuk memiliki ketahanan yang kuat. Mengapa sebenarnya menjadi seorang EXP Laner di MLBB memerlukan ketahanan yang kuat?

Sebagaimana yang telah diketahui, menjadi seorang EXP laner berarti mengemban tanggung jawab utama dalam menjaga serta mendorong turret untuk menghancurkan pertahanan musuh, yang pada akhirnya membantu tim meraih kemenangan. Namun, untuk mendorong turret tidaklah sesederhana itu, seringkali seorang EXP laner harus berhadapan dalam pertempuran dengan penjaga turret musuh.

Tidak hanya itu, EXP laner juga bertanggung jawab sebagai inisiator dalam peperangan. Oleh karena itulah, jalur ini sering diisi oleh hero fighter atau tank yang memiliki ketahanan yang tangguh, mampu bertahan sendirian di jalur, dan memiliki keterampilan untuk melakukan serangan mendadak ke mid laner lawan.

Cara Menjadi Penguasa EXP Lane ML

Dalam permainan MLBB, terdapat tiga jalur utama yang dapat ditempuh, yaitu Mid Lane, Off Lane, dan Side Lane. Setiap jalur tersebut memiliki peran atau tugas yang berbeda-beda seperti Roam, Jungle, Mid Lane, Exp Lane, dan Gold Lane, yang masing-masing memiliki tanggung jawab yang berbeda namun harus bekerja sama untuk menjaga Base dan menghancurkan Base lawan.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas salah satu peran yang ada beserta strategi untuk menjadi Exp Laner terbaik. Sebelum memasuki pembahasan lebih lanjut, penting untuk memahami apa itu Exp Lane.

Exp Lane merupakan salah satu jalur yang memberikan pengalaman (Exp) lebih banyak dibandingkan dengan jalur lainnya. Exp Lane sendiri terletak dekat dengan lokasi pertama kali munculnya Turtle.

Peran Exp Lane cocok diisi oleh hero fighter atau tank seperti Phoveus, Poquito, Barats, Balmond, Thamuz, Ruby, Sun, Hilda, dan X-Borg yang dapat diandalkan dalam pertempuran satu lawan satu.

Warta Games telah merangkum hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi penguasa Exp Lane:

Maksimalkan Pencarian Sumber Pengalaman dari Gelombang Minion

Pengisi Exp Lane harus membersihkan gelombang minion dengan cepat dan mengumpulkan sumber pengalaman di area Exp Lane untuk mendapatkan keunggulan Exp dari lawan. Langkah ini penting dilakukan sebelum menit kelima untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Berani dalam Menghadapi Kompetisi Mekanis

Sebelum menantang kompetisi mekanis, pastikan Anda sudah menguasai kemampuan mikro dari hero yang digunakan. Perhatikan pula skill yang telah digunakan oleh hero lawan untuk menemukan celah yang dapat dimanfaatkan untuk mengeliminasi lawan.

Lindungi Turret

Selain membersihkan gelombang minion, penting juga untuk menjaga turret agar tidak dihancurkan oleh lawan. Hindari pertempuran satu lawan satu yang berisiko jika dalam fase laning Anda kurang unggul.

Responsif terhadap Peta

Kemampuan membaca peta (makro) menjadi kunci, termasuk dalam peran Exp Lane. Selalu waspada terhadap pergerakan lawan untuk menghindari ganking atau berkolaborasi dengan tim untuk melakukan ganking.

Hancurkan Turret Lawan

Merusak turret lawan akan membuat mereka mengalami kerugian besar, memberikan keuntungan besar bagi tim Anda sendiri.

Kelima poin di atas merupakan tips untuk menjadi seorang Exp Laner yang handal dalam permainan MLBB.

Lane Lain di Mobile Legends

Berikut ini istilah yang disebut di ML untuk lane lain, selain EXP lane.

Gold Lane

Posisi jalur gold berada berlawanan dengan Jalur EXP, terletak di atas atau di bawah. Hero yang berada di jalur ini akan mendapatkan lebih banyak gold dari Cannon Minions. Dengan demikian, hero yang menempati jalur gold dapat dengan cepat mengumpulkan item, meningkatkan tingkat kerusakan hero terhadap lawan. Jalur gold ini sangat sesuai untuk diisi oleh Marksman atau Carry utama dalam tim. Umumnya, jenis Marksman atau Carry ini mengalami kesulitan dalam menjalankan jungle pada awal permainan, dan tidak cocok untuk melakukan roaming.

Mid Lane

Letak dari jalur tengah (mid lane) terletak di tengah-tengah peta. Jalur ini sangat cocok untuk diisi oleh hero Mage. Posisi jalur tengah dalam Mobile Legends memiliki peran strategis yang sangat penting untuk memberikan bantuan kepada jalur lain yang sedang berperang.

Itu dia pembahasan tentang cara menjadi penguasa EXP lane ML. Baca artikel lainnya hanya di Warta Games!