Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

The Pokemon Company Mengeluarkan Pernyataan Resmi tentang Palworld: 'Kami Berniat untuk Menyelidiki'

Warta Games - Meskipun tidak menyebut Palworld dengan nama, pesannya jelas.

The Pokemon Company akhirnya membuat pernyataan resmi mengenai Palworld, mengatakan, "Kami berniat untuk menyelidiki dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi segala tindakan yang melanggar hak kekayaan intelektual terkait dengan Pokémon."

Meskipun The Pokemon Company tidak secara spesifik menyebutkan Palworld dengan nama, sangat jelas bahwa pernyataan ini sebagai tanggapan terhadap kesuksesan luar biasa yang diraih oleh permainan survival ini (8 juta kopi terjual dalam waktu kurang dari enam hari!) dan klaim bahwa banyak dari Teman di Palworld terlalu mirip dengan Pokemon yang sudah ada.

The Pokemon Company Mengeluarkan Pernyataan Resmi tentang Palworld: 'Kami Berniat untuk Menyelidiki'
Gambar The Pokemon Company Mengeluarkan Pernyataan Resmi tentang Palworld
"Kami telah menerima banyak pertanyaan mengenai permainan perusahaan lain yang dirilis pada bulan Januari 2024," tulis The Pokemon Company. "Kami tidak memberikan izin untuk penggunaan hak kekayaan intelektual Pokémon atau aset dalam permainan tersebut. Kami berniat untuk menyelidiki dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi segala tindakan yang melanggar hak kekayaan intelektual terkait dengan Pokémon. Kami akan terus menghargai dan merawat setiap Pokémon dan dunianya, dan bekerja untuk menyatukan dunia melalui Pokémon di masa depan."

Sebelum pernyataan ini, pengembang Palworld, Pocketpair, bersikeras bahwa permainan mereka jauh lebih mirip dengan permainan seperti Ark Survival Evolved dan Valheim daripada Pokemon. Selain itu, tim mengungkapkan bahwa mereka telah menerima ancaman kematian sejak permainan diluncurkan pada tanggal 19 Januari.

Dalam wawancara dengan Automaton, CEO Pocketpair Takuro Mizobe membagikan bahwa tim telah melalui proses peninjauan hukum dan belum ada tindakan yang diambil terhadap perusahaan tersebut karena pelanggaran.

"Kami serius dalam membuat permainan kami, dan kami sama sekali tidak bermaksud untuk melanggar hak kekayaan intelektual perusahaan lain," ujar Mizobe.

The Pokemon Company sudah mulai mengambil tindakan terhadap para modder yang telah menggantikan Teman Palworld dengan Pokemon, dan Nexus Mods bahkan mengatakan bahwa mereka tidak akan menyediakan mod Pokemon untuk Palworld karena takut akan tim hukum Nintendo.

Meskipun semua masalah ini, Palworld tidak dapat disangkal sebagai permainan yang sangat populer dan IGN menyebutnya "Bagus" dalam kondisinya saat ini.

"Meskipun masih dalam masa Akses Awal, Palworld sangat menghibur, memiliki jumlah konten dan mekanika survival yang cukup, dan sangat sulit untuk dilepas," tulis Travis Northup dari IGN dalam ulasannya tentang Palworld. "Sangat sulit untuk mengabaikan betapa tanpa malu-malu ia mengambil ide dan desain dari Pokémon, memiliki beberapa bug dan masalah kinerja yang tidak mengejutkan, dan pekerjaan untuk menjaga persediaan bahan dasar pangkalan Anda membutuhkan penyesuaian sedikit - tetapi ketika Anda sedang menaiki punggung seekor naga terbang sambil menembaki bebek biru dengan senapan serbu, sebagian besar noda-noda itu hilang sama sekali.

"Ini sudah menjadi salah satu permainan survival favorit saya, dan saya sangat bersemangat untuk melihat bagaimana perkembangannya."